Samsung Resmi Memperkenalkan Ponsel Lipat Mini Terbaru Bernama Galaxy Z Flip 3

  • Whatsapp
Galaxy Z Flip 3

Kurang lebih satu setengah tahun setelah kehadiran Galaxy Z Flip, kini Samsung secara resmi memperkenalkan kembali penerus perangkat ponsel lipat bergaya clamsheel yang diberi nama Galaxy Z Flip 3.

Angka “3” pada nama ponsel tersebut mungkin membuat banyak orang bingung. Pasalnya, sebelumnya tidak ada Samsung Galaxy Z Flip 2. Samsung memang sengaja melompati nomor dua-nya, mungkin tujuannya adalah agar penamaan Galaxy Z Flip menjadi seragam dengan ponsel lipat saudaranya yang bernama Galaxy Z Fold 3.

Selain memiliki tampilan yang lebih cantik dibandingkan dengan pendahulunya, jeroan ponsel lipat mini generasi kedua ini juga lebih bertenaga, sementara bodinya dirancang lebih tangguh. Secara keseluruhan, Galaxy Z Flip 3 ini terkesan lebih matang dibandingkan dengan produk pertamanya dulu. Harga Samsung flip 3 ini di banderol 15 jutaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut dibawah ini review spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip 3 :

  1. Layar Kedua Lebar, Bisa Digunakan untuk Selfie

Salah satu bagian desain yang langsung menarik perhatian dari Samsung Galaxy Flip 3 ini adalah layar sekundernya alias Cover Screen dipunggung ponsel yang sekarang ukurannya jauh lebih besar, dengan panel AMOLED berdiagonal 1,9 inci dan resolusi 512 x 260 piksel.

Layar sekunder ponsel ini bisa digunakan untuk menampilkan hal – hal seperti informasi waktu, maupun sebagai jendela bidik serupa cermin, untuk membantu pengguna ketika ambil foto selfie, dan vlogging dengan kamera belakang ketika ponsel dalam keadaan terlipat.

Samsung membekali ponsel lipat ini dengan dua kamera belakang yang diletakkan persis disamping Cover Screen. Pertama, kamera utama (wide) 12 MP (f.1/8, bidang pandang 78 derajat). Dan kedua, kamera ultra wide 12 MP (f/2.2, bidang pandang 123 derajat).

Keberadaan layar kedua yang berukuran lebar tersebut, sekaligus merubah skema warna Galaxy Z Flip 3 jadi duo tune. Layar dan kameranya ditempatkan di area berwarna hitam dengan finishing glossy disisi atas, sementara bodi selebihnya berwarna lain.

  1. Bodi Kokoh dan Tahan Air

Sebagai ponsel foldable, tentunya sajian utama dari Samsung Flip 3 terbaru ini adalah layar dan bodinya yang bisa dilipat, sehingga menjadi lebih ringkas. Dalam kondisi terlipat, ukuran ponsel ini terbilang mini, kurang lebih hanya setelapak tangan orang dewasa saja. Jauh lebih kecil dibandingkan dengan ponsel pintar modern pada umumnya, dan bisa dengan mudah diselipkan disaku celana atau baju.

Meski ukurannya relatif kecil, namun ponsel ini terasa padat dan kokoh ditangan. Mekanisme buka tutup lipatannya juga terasa solid, sehingga tidak terkesan ringkih. Selain itu, Samsung Galaxy Z Flip 3 menjadi ponsel lipat pertama dari Samsung yang dibekali fitur ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Artinya, smartphone ini tahan direndam di air dengan kedalaman hingga 1 meter.

  1. Tenaga Snapdragon 888

Seperti seri pendahulunya, Galaxy Z Flip 3 ini juga tidak menggunakan chip Exynos dari Samsung yang biasanya dihadirkan pada seri Galaxy S dan Note, melainkan garapan Qualcomm, kali ini membawa Snapdragon 888 yang merupakan seri chip teratas.

Dikombinasikan dengan RAM berkapasitas 8 GB, seharusnya ponsel ini mampu menghasilkan kinerja yang setara dengan ponsel – ponsel flagship modern lainnya. Pilihan kapasitas storage (UF 3.1) yang disediakan sekarang ada dua, yaitu 128 GB dan 256 GB.

Spesifikasi lain dari Samsung Galaxy Z Flip 3 ini mencakup baterai berkapasitas 3.300 mAh, didukung juga konektivitas 5G, pemindai sidik jari dibagian samping (menyatu dengan tombol daya), dan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1.1.