Komponen yang Ada Pada Video Shooting Multicam

  • Whatsapp
Video Shooting Multicam

Pengertian mengenai multi camera yaitu proses produksi yang menggunakan dua atau lebih kamera yang saling terhubung dalam satu sistem. Dengan begitu meskipun menggunakan 3 kamera tapi masing-masingnya hanya berdiri sendiri menurut saya itu bukan termasuk multi kamera.

Berikut beberapa komponen yang harus ada di dalam proses multicam:

  1. Yang pertama adalah Switcher adalah suatu alat yang dapat berfungsi untuk memindah-mindahkan pada pemilihan gambar dari berbagai stok shot ataupun input kamera alat ini juga biasanya digunakan untuk multi kamera.
  2. Yang kedua adalah alat CCU atau camera control unit merupakan peralatan yang memiliki hubungan dengan fungsi dari sebagian atau keseluruhan dari camera pada Multicam.
  3. Kemudian yang ketiga adalah VTR yaitu peralatan yang berfungsi untuk merekam atau memutar gambar yang di hasilkan oleh kamera.Di dalam proses shooting multi kamera bahkan untuk acara-acara yang sifatnya variety show biasanya menggunakan jenis vtr lebih dari satu, untuk dapat merekam serta memplayback-nya.
  4. Kamera, untuk kamera yang di gunakan biasanya menggunakan kamera portable atau EFP yang dapat di set sebagai studio dan kamera yang memang di rancang untuk di gunakan pada studio contohnya kamera pedestal, dan jumlahnya minimal dua atau lebih mengacu pada kebutuhan dan jenis acaranya.

Peralatan yang ada dan mendukung multikamera ini umumnya terdiri dari:

  1. Kamera Video yang berfungsi untuk mengambil gambar untuk di salurkan dan diteruskan ke pemirsa.
  2. Switcher adalah suatu equipmen yang terdiri dari beragam input video yang bisa berasal dari cg kamera, vtr, dvd, dan yang lainnya serta output-an memiliki program yang akan di tampilkan, padanhal ini switcher juga berfungsi sebagai switc atau pemilih output dari beberapa input tersebut juga beberapa merek dari switcher.
  3. CG atau character generator adalah suatu alat yang memiliki fungsi untuk membuat karakter atau tema yang sedang di buat.
  4. CCU atau camera control unit adalah peralatan yang sangat berhubungan dengan fungsi dari sebagian atau keseluruhan dari camera tersebut.
  5. Mixer Audio adalah peralatan untuk audio yang memiliki pengertian dan fungsinya yang ada pada postingan yang lalu.

Berikut juga komponen pendukung lainnya yang ada di Multicam:

converter  adalah sebuah alat yang memiliki fungsi untuk mengubah sinyal analog ke digital begitupun sebaliknya, tergantung kebutuhan dari peralatan yang di pakai. VDA atau video distribution adalah alat yang memiliki fungsi untuk mendistribusikan suatu video, kemudian satu input yang menjadi beberapa output dengan kualitas hampir sama dengan inputnya. Monitor memiliki fungsi untuk menampilkan sebuah gambar program, preview program, preview kamera, dan yang lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Multicamera memiliki arti sebuah format shooting dengan menggunakan lebih dari satu kamera, yang juga dihubungkan melalui satu sistem yang terintegrasi satu sama lainnya. Maka dari itu, meski menggunakan lebih dari satu kamera tapi tidak terintegrasi atau terikat satu sama lain maka format tersebut belum dapat dikategorikan atau disebut sebagai multicam system. Kemudian dari segi penayangannya bisa disiarkan secara langsung atau live ataupun tayang tunda/live on tape. Pada jenis acara televisi yang adanya multicamera di antaranya adalah acara  magazine, talkshow, sitkom, game show, music show, quiz, dan variety show. Jika kamu membutuhkan multi kamera untuk membantu memeriahkan acara kamu, kamu bisa menggunakan jasa video shooting Multicam, dari studio pelangi yang sangat lengkap alat-alatnya.

Related posts