Apa yang Dimaksud Backlink Kontekstual? Simak Penjelasan Ini!

  • Whatsapp
Backlink Kontekstual

Backlink menjadi hal penting dalam mendapatkan peringkat di Search Engine. Semakin banyak adanya backlink kontekstual berkualitas, maka semakin bagus posisi website. Penggunaan backlink juga harus disesuaikan dengan ketentuan oleh Google Webmaster. Lantas, apa yang dimaksud backlink kontekstual?.

Backlink ini juga biasa disebut sebagai eksternal link atau inbound link. Jika Anda sudah memulai blog maupun web, mungkin sudah paham dengan hal ini. Salah satu dari sekian banyak faktor pendukung suksesnya SEO sebuah web ini masih dipercaya membuahkan hasil.

Pengertian Backlink Kontekstual

Apa yang dimaksud backlink kontekstual? Backlink kontekstual merupakan jenis tautan dari jenis artikel yang punya niche sama dalam bentuk internal link maupun eksternal link. Artikel tersebut biasanya dipost di blog maupun website lainnya. Lebih bagus lagi jika website tersebut memiliki Pagerank yang tinggi.

Akan tetapi jika kita menggunakan blog dan antara blog satu dan lainnya berhubungan dan istilahnya adalah Private Blog Network akan di baca oleh Google sebagai skema manipulasi backlink dan rentan terkena penalty.

Backlink kontekstual ini menanam internal link yang biasa dijadikan sebagai penurun bounce rate. Tak jarang pula banyak yang menganggap backlink jenis ini sebagai anchor teks, padahal keduanya cukup berbeda.

Anchor teks tak diharuskan untuk ditanam di dalam paragraf sedangkan kontekstual internal backlink mewajibkan penerapannya dan mesti ditanam di dalam paragraf.

Mengapa Backlink Itu Penting?

Jika Anda sudah paham mengenai backlink kontekstual, maka pasti yang ditanyakan pertama kali mengapa backlink tersebut penting untuk website? Berikut akan dijelaskan beberapa alasannya!

1. Google Menemukan Website Anda Melalui Backlink

Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling guna menemukan halaman paling relevan dengan kata kunci yang ada di artikel. Sama halnya saat manusia menggunakan peta untuk menemukan suatu lokasi baru, mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukannya.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung dengan lokasi lainnya. Bahkan lokasi terpencil yang tak terhubung dengan lokasi lainnya tetap bisa ditemukan. Sama halnya dengan halaman website, halaman yang tidak memiliki backlink dari web lainnya akan sulit ditemukan Google.

Semakin banyak backlink yang didapatkan, maka semakin mudah juga Google menemukan halaman web. Namun, pertimbangkan pula kualitas backlink-nya agar tidak menjadi spam. Anda tak bisa sembarangan dalam mencari backlink karena hal ini bisa merugikan web Anda sendiri.

2. Backlink Membantu Menjaga Reputasi di Google

Saat audience mencari kata kunci di Google, maka mesin pencari akan berusaha memberi Anda hasil terbaik. Google akan mengarahkan pencarian Anda ke halaman-halaman website yang populer.

Semakin banyak backlink berkualitas yang diarahkan ke website Anda, maka semakin naik reputasi website Anda dalam peringkat Google. Itu sebabnya Anda tak akan bertanya lagi apa yang dimaksud backlink kontekstual.

3. Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa backlink menjadi indikator penting dalam menentukan popularitas sebuah halaman website di Google. Namun, yang dinilai oleh Google bukan hanya kuantitasnya tapi juga backlink di website berdasarkan relevansinya.

Maksud backlink yang relevan yaitu backlink yang diperoleh dari web maupun blog dari niche yang relevan. Misalnya perusahaan laptop dapat dikatakan punya backlink relevan jika mendapat backlink dari website maupun blog dengan niche teknologi. Dengan begitu, perusahaan laptop ini bisa dianggap kredibel oleh Google.

Gunakan Jasa Backlink Terbaik Se-Indonesia

Setelah tahu apa yang dimaksud backlink kontekstual, kini Anda sudah siap memasangnya. Agar backlink bekerja dengan baik dan Anda bisa mendapatkan manfaat dari pemasangannya, sebaiknya gunakan jasa backlink terbaik seperti SEODigital.co.id.

Nah, itulah apa yang dimaksud backlink kontekstual setelah mengetahui informasi tersebut tentu anda akan lebih teliti dalam menggunakan backlink. Dan menggunakan jasa backlink, selain hemat waktu tanpa harus belajar dari nol, menggunakan jasa yang berkualitas menggunakan metode yang terbaik adalah hal yang harus anda perhatikan.

Related posts