4 Cara Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

  • Whatsapp
Menjaga Indeks Massa Tubuh Ideal

Mempunyai indeks massa tubuh yang ideal merupakan keiinginan semua orang. Namun bagi beberapa orang, memiliki indeks massa tubuh ideal adalah hal yang cukup sulit. Bagi kamu yang sedang mencari cara indeks massa tubuh ideal. Berikut adalah cara indeks massa tubuh ideal.

  1. Jangan stress

Cara mudah untuk mulai menambah berat badan secara tidak sengaja adalah tidak mendapat tidur yang cukup dan membuat diri sendiri stres. Tubuh akan berfungsi prima kalau tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan rileks. Ketika lelah, kamu akan menangani stres dengan kurang baik. Sewaktu kamu tidak menangani stres dengan baik, kamu akan mulai makan. Jadi mulailah menambah jam tidur kamu dan terapkan teknik relaksasi, dan cara terbaik untuk memulai adalah yoga.

  1. Jangan lupa sarapan

Sarapan disini bukanlah sekotak donat atau secangkir kopi. Ini tidak hanya membuat lingkar pinggang kamu ideal, tetapi pagi yang relaks dan sehat akan membuat kamu siap menghadapi hari yang sukses. Sebagai buktinya, kamu bisa lihat orang yang berhasil menurunkan berat badan di sebuah studi di Amerika bernama National Weight Control Registry. Mereka menurunkan berat badan sedikitnya 15 kg dan berhasil mempertahankannya selama paling tidak satu tahun (bahkan ada beberapa yang sampai enam tahun). Dan salah satu alasan berat badan mereka turun adalah sarapan

  1. Perhatikan asupan makanan

Ketika kamu membeli sebuah maknan pastikan kamu melihat labelnya. Juga bawa daftar belanjaan berisi makanan atau resep sehat untuk satu minggu, hitung kebutuhan serat sampai 30 gram setiap hari dan tetap perhatikan ukuran penyajian, dan yang paling penting,. Secara umum, makanan olahan tidak baik untuk tubuh kamu. Makanan tersebut penuh dengan toksin dan zat-zat yang bahkan tidak dikenal tubuh. Ketika kamu bisa membaca label makanan, kamu akan mulai melihatnya. Carilah makanan utuh dan pilih label yang tidak memuat banyak suku kata sulit.

Pastikan kamu makan dengan benar. Diet sehat dan seimbang membantu mengendalikan kalori yang masuk dan memaksimalkan masukan vitamin dan mineral. Ketika tubuh memiliki gizi penting yang diperlukan, tingkat energi akan tetap tinggi dan perasaan kamu akan baik. Semua faktor ini berkontribusi dalam motivasi mempertahankan diet sehat, yang pada gilirannya akan memudahkan pengelolaan berat badan.

Ketika pergi ke supermarket, belilah sayuran, buah  atau daging. Buah dan sayuran bagus untuk angka timbangan juga untuk hati dan organ vital lainnya. Selain itu, pilihlah daging tanpa lemak, gandum utuh, dan produk susu rendah lemak. Meskipun kamu tidak perlu lagi menghitung kalori, namun kamu harus membatasi konsumsi lemak dan gula untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

  1. Olah raga

Olah raga sangat penting untuk menjaga berat badan. Berbagai asosiasi jantung sehat, ahli gizi, dan panduan diet merekomendasikan 30 menit olahraga level sedang setiap hari untuk mempertahankan berat badan tanpa menguranginya. Perlu diingat bahwa semua olahraga itu bermanfaat, bahkan seandainya kamu tidak bisa mencapai tujuan 30 menit setiap hari.

Olahraga bisa dilakukan dalam berbagai cara. Kamu bisa berjalan-jalan dengan anjing peliharaan setiap malam, yoga, atau berenang. Semua kegiatan yang membuat kamu terus bergerak dihitung sebagai aktivitas fisik. Terlebih lagi, kamu tidak perlu melakukannya 30 menit sekaligus. Kamu bisa membagi jamnya menjadi dua atau tiga segmen yang lebih kecil bila itu yang lebih sesuai dengan jadwal kamu.

Related posts